5 Tips Sukses Bisnis Laundry

Beberapa tahun terakhir bisnis laundry semakin berkembang pesat. Bahkan mulai merambah ke daerah, tidak hanya di kota besar saja. Usaha laundry memang membutuhkan modal yang tak sedikit. Namun, keuntungan yang akan Anda dapatkan pun besar. Hanya dalam jangka waktu beberapa bulan saja, Anda sudah dapat balik modal.

Melihat peluang usaha cuci pakaian yang masih terbuka lebar, banyak orang yang akhirnya terjun dalam dunia bisnis. Usaha laundry dipilih karena tidak membutuhkan keahlian khusus. Selain itu, usaha jasa ini pun memiliki peluang yang luas.

Sebenarnya selain kelebihan tersebut masih ada beberapa keunggulan usaha laundry. Adapun kelebihannya, antara lain sebagai berikut.

Mudah Dijalankan

Usaha cuci pakaian tergolong mudah dijalankan. Anda hanya membutuhkan mesin cuci, sabun, pewangi, dan setrika. Sebaiknya, siapkan pula pengering pakaian sehingga saat musim penghujan tiba, usaha Anda tetap dapat berjalan dengan lancar.

Tidak Harus Menyewa Tempat

Usaha laundry tidak mengharuskan Anda untuk merekrut karyawan dan menyewa tempat, kecuali jika bisnis Anda sudah memasuki skala besar. Jika Anda masih pemula, gunakan ruang kosong di rumah, seperti garasi atau halaman depan. Sulap ruang tersebut agar tampak lebih profesional.

Jasa yang Selalu Dibutuhkan

Tak jauh berbeda dengan pulsa, jasa cuci pakaian pun selalu dibutuhkan. Orang yang terlalu sibuk atau tidak mau direpotkan untuk mencuci baju pasti membutuhkan jasa ini.

Pangsa Pasar Luas

Pengguna jasa laundry tidak hanya mahasiswa atau pekerja kantoran saja, ibu rumah tangga pun tak jarang menggunakan jasa ini.

Minim Risiko

Bisnis laundry cenderung minim risiko. Selama Anda mengelola keuangan dengan benar, usaha ini akan terus berjalan dan menghasilkan keuntungan fantastis.

Tips Sukses Usaha Laundry

Bagi Anda yang tertarik menjalankan usaha ini, ada sejumlah tips sukses yang bisa Anda coba.

Peralatan

Di pasaran tersedia berbagai merek mesin cuci dengan harga bervariasi. Jangan tergiur dengan harga murah, tetapi masa pakainya singkat. Pilih mesin cuci yang berkualitas. Selain meningkatkan produktivitas, mesin cuci akan lebih awet. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli mesin cuci baru atau servis.

Harga

Mengingat usaha cuci pakaian sudah menjamur di berbagai daaerah. Bahkan dalam radius beberapa kilometer pun terdapat lebih dari dua jasa laundry. Anda harus lebih berhati-hati dalam menentukan harga. Sebaiknya terapkan harga sama atau sedikit lebih murah, misalnya selisih seribu dari harga jasa cuci pakaian lain. Dengan begitu, Anda dapat menjaring lebih banyak konsumen.

Pelayanan

Hal yang paling penting dalam menjual jasa adalah pelayanan. Pastikan agar Anda selalu ramah terhadap pelanggan. Jagalah kepercayaan konsumen dengan menyelesaikan cucian tepat waktu. Jaga barang-barang milik pelanggan, jangan sampai tertukar apalagi hilang. Ingat, kepuasan konsumen memengaruhi usaha laundry yang Anda jalankan.

Fasilitas

Untuk meningkatkan omzet, beri layanan tambahan pada pelanggan secara gratis. Misalnya layanan antar jemput dengan syarat berat cucian 5 kilogram. Meskipun sepele, nyatanya hal ini dapat meningkatkan citra Anda sebagai pebisnis laundry yang mengutamakan kebutuhan pelanggan.

Dampaknya, orang-orang akan tertarik untuk mencoba layanan yang Anda tawarkan. Ingat, salah satu cara promosi terbaik adalah dari mulut ke mulut. Pastikan untuk selalu menjaga citra baik Anda di mata pelanggan.

Pemasaran

Usaha tak akan pernah lepas dari pemasaran. Apa pun jenis bisnis yang Anda jalankan, marketing sangatlah penting. Jangan berpikir bahwa pemasaran sangat sulit. Faktanya ada beberapa trik marketing yang mudah dan ampuh untuk melejitkan angka penjualan.

Trik yang umum digunakan adalah memberikan diskon atau hadiah kejutan. Misalnya pelanggan yang mencapai berat cucian 3 kilogram akan mendapatkan kupon potongan harga Rp20.000,00. Potongan harga ini dapat digunakan setelah pelanggan mengumpulkan 10 kupon.

Bisa juga dengan memberikan hadiah kejutan saat konsumen ulang tahun, seperti gratis cuci setrika maksimal 2 kilogram atau hadiah mug, payung, dan kaos. Anda memang harus mengeluarkan sedikit modal, tetapi hasilnya sebanding. Konsumen puas, bisnis Anda pun semakin lancar.

Itulah sejumlah tips yang dapat Anda coba agar bisnis laundry sukses. Jangan berhenti untuk melakukan peningkatan kualitas dan pelayanan. Dijamin bisnis Anda pun akan semakin berkembang pesat. ***

Sumber: goriau.com